Ragam Kerajinan Tangan Cianjur

Ragam Kerajinan Tangan Cianjur

Cianjur lebih dikenal dengan ragam makanannya yaitu beras Pandan Wangi, Tauco dan Sate Maranggi hanya sebagian kecil dari macam-macam makanan maupun camilan khas Cianjur. Tapi tidak hanya itu saja, Kerajinan tangan Cianjur juga memiliki keunikan tersendiri. Banyak pengrajin dan seniman Cianjur yang menghasilkan karya yang menjadi ciri khas daerah. Beberapa waktu lalu saya sempat mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh DESKRANADA Cianjur. Saat itu saya berpartisipasi sebagai peserta karena saya sendiri juga pelaku UKM yang memproduksi gantungan kunci berbahan dasar karet dibawah naungan CV Feliz Karetindo dengan brand Feliz Market. Maka sebagai pelaku UKM & warga Cianjur sudah sepatutnya saya cinta produk kerajinan Cianjur.

Di pameran tersebut saya bertemu dengan banyak pengrajin dengan produk-produknya yang menarik dan unik. Salah satu yang menjadi ciri khas Cianjur adalah lampu Gentur dan juga batik Cianjur. Terdapat pula kerajinan yang berupa tali temali atau disebut juga dengan macrame, kerajinan dari batok kelapa yang di jadikan cangkir dan teko sehingga menjadi satu set utuh. Kemudian ada juga kerajinan dari bambu yang mana bambu tersebut diukir menjadi ukiran wajah dari tokoh nasional. Pengrajin ukiran bambu dari Pagelaran, Cianjur selatan tersebut juga menyebutkan bahwa kita bisa mengirimkan foto kita agar diukir di kerajinan bambu tersebut. Dengan harga yang cukup terjangkau berkisar di Rp150.000 saja anda sudah bisa membawa pulang sebuah hiasan dinding berupa ukiran foto anda sebagai pengganti hiasan dinding yang umumnya berupa foto atau lukisan.

Sebagian besar dari para pengrajin ini menggunakan bahan limbah yaitu bahan sisa penebangan kayu dan bambu, yang kemudian diolah menjadi kerajinan tangan maupun karya seni. Sebagai salah satu contohnya adalah kang Rusman yang memproduksi pipa rokok berbentuk kepala naga, dengan ukiran yang cukup detil pipa rokok tersebut terlihat sangat unik. Kemudian ada juga Nariya craft yang mana menggunakan karton selongsong bekas yang tadinya digunakan untuk menggulung kain. Di padukan dengan daun-daunan kering sehingga tercipta kerajinan tangan berbentuk celengan maupun tempat pensil. Tak luput pula ada kerajinan dari mutiara dalam bentuk cincin, bros dan juga kalung. Kerajinan dari akrilik yang berbentuk bunga yang menghiasi wadah gelas air mineral juga turut meramaikan pameran hari itu. Rajutan yang berbentuk tas dan dompet dengan berbagai ukuran yang sangat cocok untuk kaum hawa juga menambah variasi kerajinan Cianjur.

 

Kerajinan yang mayoritas didominasi oleh kayu yaitu berupa miniatur kapal, miniatur angklung hingga miniatur alat musik gamelan. Pada pameran kali ini diadakan juga penilaian untuk kerajinan terbaik di mana para pemenang akan mendapat kesempatan produknya untuk di ikut sertakan dalam pameran di Rusia. Dengan diikutsertakannya kerajinan dari Cianjur di pameran di Rusia, maka besar harapan dari kami sebagai pelaku UKM agar kerajinan tangan Cianjur dapat menembus pasar internasional. Karena sejatinya kerajinan tangan bukan hanya dilihat dari keindahan atau keunikan nya saja, tetapi seberapa besar kontribusi nya terhadap pendapatan daerah.

Para pengrajin ini berasal dari seluruh penjuru Cianjur, beberapa datang dari Cipanas. Yang saya tidak menyangka adalah bahwa pengrajin di daerah Cianjur Selatan ternyata cukup banyak juga, karena memang ternyata di daerah Cianjur Selatan limbah kayu maupun bambu sangat melimpah. Limbah-limbah kayu di Cianjur selatan juga terdiri dari berbagai macam jenis mulai dari Mahoni, Albasiah hingga Jati.

Pada kesempatan ini saya pun menyempatkan diri untuk berbincang dengan beberapa pelaku UKM kerajinan tangan masalah yang dihadapi oleh mereka yang pada umumnya sama, yaitu persoalan di pemasaran. Pemasaran yang mereka lakukan hanya sebatas menitipkan hasil kerajinan tersebut ke toko-toko terdekat di daerahnya. Sedangkan beberapa sudah mulai memasarkan melalui media online seperti Facebook dan Instagram. Tak ayal lagi diperlukan pelatihan dan pengenalan terhadap digital marketing untuk para pelaku UKM. Sehingga para pelaku UKM ini dapat memasarkan produknya tidak dalam skala lokal saja, harapannya adalah skala nasional bahkan jika memungkin bisa menembus pasar internasional melalui digital marketing.

6 thoughts on “Ragam Kerajinan Tangan Cianjur

  1. Kerajinan tangan dari Cianjur memiliki khasnya, seperti lampu gentur yang menembus mancanegara, yang lainnya juga berpotensi dikenal dan disukai oleh masyarakat dunia tinggal pemasaran yang ditingkatkab

    1. Betul kang, pemasarannya kalo didukung pasti lebih dikenal luas. Apalagi kalo bisa menggunakan digital marketing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *