Azumi Gakuin Center “Ayo magang ke Jepang…”

Azumi Gakuin Center “Ayo magang ke Jepang…”

Azumi Gakuin Center (AGC) adalah lembaga pendidikan bahasa Jepang yang juga menyalurkan tenaga Kerja Indonesia untuk magang di Jepang yang biasa juga disebut dengan working holiday, beberapa tahun silam saya tertarik untuk bekerja di luar negeri dan ada teman saya yang sedang dalam masa pelatihan untuk bekerja di Jepang. Dia menyarankan untuk berangkat ke Jepang melalui AGC ini. Pada awalnya saya merasa cukup ragu karena pada saat itu banyak pendidikan ataupun badan penyalur tenaga kerja yang melakukan penipuan sehingga para calon tenaga kerja gagal berangkat. Namun karena lokasi AGC ini berada di Cipanas maka saya memutuskan untuk mendatanginya agar mendapatkan informasi lebih lanjut.

Setelah berkenalan dengan pemiliknya yang biasa disapa dengan teh Reisya ini maka saya memutuskan untuk mengikuti pelatihan ini dengan harapan saya dapat bekerja di Jepang. Peserta yang akan dikarantina di tempat pelatihan tersebut dimana saya dan peserta lainnya belajar bahasa Jepang intensif seharian penuh selama kurang lebih 3 bulan. Namun sayang dalam masa pelatihan tersebut saya tidak dapat melanjutkan karena satu dan lain hal, namun teman saya berhasil luus dan berangkat ke Jepang untuk bekerja selama kurang lebih 1 tahun.

Setelah beberapa tahun berlalu saya mendapatkan kesempatan untuk bersilaturahmi kembali ke AGC ketika saya sampai di tempat tersebut ternyata tempat tersebut sudah banyak berubah dan kali ini saya disambut oleh adik dari teh Reisya, Kang Arif begitu sapaannya. Kang Arif juga belum lama ini pulang dari Jepang dan perbincangan kami pun dimulai. Dari situ saya mengetahui bahwa AGC ini sudah bediri pada tahun 1998. Sudah puluhan angkatan yang dikirim ke Jepang, banyak pula dari angkatan-angkatan tersebut yang sudah kembali ke Indonesia. Kang Arif menyebutkan bahwa untuk mendapatkan informasi mengenai AGC saat ini bisa di dapat melalui akun Facebook AGC. Setalah kembali ke tanah air kang Arif mempunyai visi dan misi terhadap alumni AGC, yaitu untuk saling bersinergi dan membentuk suatu usaha baru atau pun berwiraswasta bersama. Di harapkan hasil dari kerja sama ini dapat menyerap tenaga kerja masyarakat sekitar, karena banyak pula dari para peserta pelatihan yang ingin pergi ke Jepang dengan alasan untuk mencari modal usaha. Sehingga ketika kembali ke Indonesia mereka dapat membuka usaha atau berwiraswasta.

Nampaknya ada juga peluang bagi para alumni yang ingin berkarir, ada beberapa alumni yang diterima di berbagai perusahaan Jepang, karena pada umumnya perusahaan Jepang tersebut lebih mengutamakan menerima karyawan yang pernah bekerja di Jepang. Menurut hemat saya hal ini karena karyawan yang sudah pernah bekerja di Jepang tentunya selain faktor bahasa para karyawan ini sudah mengetahui seperti apa etos kerja dan budaya di Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *