Program Pro Rakyat Itu Bernama Wirausaha Baru Jawa Barat

Program Pro Rakyat Itu Bernama Wirausaha Baru Jawa Barat

Wirausaha Baru Jawa Barat itulah namanya dari program pemerintah yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran karena minimnya lapangan pekerjaan di sektor formal maupun informal. Maka untuk menggerakkan ekonomi rakyat pada skala UMKM dibentuklah program ini agar makin banyak muncul wirausahawan-wirausahawan baru dan dapat menyerap tenaga kerja ketika usahanya sudah mulai berkembang. tahun 2018 ini adalah tahun ketiga dan tahun terakhir program Wirausaha Baru (WUB) Jawa Barat ini dengan tujuan mencetak 100.000 pengusaha baru atau peserta yang dilatih. Menurut laporan pada tahun 2017 sudah tercapai target 100.000 wirausahawan baru.

Pada kesempatan kali ini saya pun mendaftar sebagai peserta. Ada tiga kategori jenis usaha yang akan diberikan pelatihan dan pendampingan yaitu makanan dan minuman ,salon kecantikan & konveksi. Beberapa persyaratan administratif sudah saya penuhi, Setelah itu saya pun lulus untuk tes online maka tiba waktunya untuk wawancara. Saya bersama beberapa orang pengusaha dari Cianjur memutuskan untuk menyewa satu mobil Menuju lokasi wawancara di BKPP Bogor. Kami berangkat menuju Bogor dengan satu mobil, Hampir semua yang turut serta dalam mobil belum saya kenal dan baru saya kenal pada hari itu. Menggunakan waktu luang selama perjalanan kamipun bertukar pengalaman dan ilmu. Karena kami semua berwirausaha maka tak butuh waktu lama untuk beradaptasi.

Perbincangan pun diwarnai masalah yang dihadapi oleh para wirausahawan mulai dari sulitnya mengelola SDM, modal, inovasi produk dan kemasan yang masih menjadi tantangan bagi kami semua. Tantangan paling utama yaitu pemasaran produk kami untuk meningkatkan penjualan. Ketika sampai di tujuan yaitu kantor BKPP yang terletak di Seberang Istana Bogor untuk wawancara, Ternyata 1 orang pewawancara mewancarai 5 orang peserta sekaligus. Kami diberi beberapa pertanyaan dan menjawabnya secara bergiliran. Peserta wawancara dari Cianjur sendiri kurang lebih 180 orang peserta, Namun sayang kami tidak bisa saling bersilaturahmi karena jadwal wawancaranya dipisah-pisah per jam & per kategori.

Setelah wawancara maka kami harus menunggu hingga tanggal 1 Maret 2018 untuk hasilnya. Bagi yang di nyatakan lolos maka akan dapat mengikuti latihan selama 3 hari 2 malam di Bandung. Banyak dari kami yang berharap besar setelah mengikuti pelatihan kami dapat menerapkan ilmu yang kami dapatkan dari pelatihan tersebut ke dalam usaha kami, Dengan harapan usaha kami terus berkembang. Program semacam ini patut diapresiasi karena memberi kesempatan bagi para pengusaha maupun para calon pengusaha yang belum memiliki usaha tetapi memiliki ide usaha, namun sayangnya informasi mengenai program ini maupun program semacam ini sulit untuk didapat terutama untuk kami yang tinggal di daerah. Harapan kami bahwa ada 1 website yang menginformasikan program-program semacam ini baik dari pemerintah maupun agar kami bisa dapat dengan mudah mengakses informasi mengenai pelatihan latihan semacam ini

Comments are closed.